Pesan Ulang Tahun Monsinyur Paskalis untuk Herkulanus

Minggu, 28 Januari 2018, Paroki St. Herkulanus Depok terlihat penuh oleh umat yang siap mengikuti misa pagi. Tak seperti minggu biasa, hari ini umat terlihat telah memenuhi gedung gereja sejak pukul 6.30 pagi. Bahkan hingga memadati aula & gedung pastoral.

Ya, hari ini memang beda. Ini adalah hari ulang tahun paroki kita tercinta, St. Herkulanus. Perayaan ulang tahun ke-16 kali ini, kembali mengundang Mgr. Paskalis Bruno Syukur sebagai konselebran utama dalam misa syukur pagi ini. Bersama pastor paroki & pastor vikaris, Bapa Uskup membawakan misa dengan sangat meriah. Ditambah alunan lagu merdu yang dibawakan Iuvenish Chorus, paduan suara yang beranggotakan orang-orang muda, menambah kekhusyukan dalam memuji & memuliakan Tuhan.

Image may contain: 1 person, standing and indoor

Misa syukur HUT herkulanus berlangsung selama 2 jam penuh. Pada kesempatan kali ini juga ada 12 umat warga gereja yang diangkat menjadi Asisten Imam.

Sebelum berkat perutusan, Monsinyur memberikan beberapa pesan bagi seluruh umat Herkulanus dalam rangka HUT paroki ke-16 hari ini. Yang pertama, Perkembangan Gereja dari awal sesungguhnya sudah diwariskan dari orang tua & para sesepuh gereja, oleh sebab itu baiknya generasi muda saat ini & keluarga-keluarga muda, mewariskan hal tersebut serta hal baik lainnya kepada generasi mendatang. Monsinyur berpesan agar kita saling membimbing dan mengingatkan, sehingga generasi mendatang menjadi generasi yang masih memegang teguh prinsip gerejawi yang dahulu diwariskan para sesepuh. 

Yang kedua, Monsinyur juga menobatkan Paroki St. Herkulanus sebagai Gereja Pusat Katekis keuskupan Bogor. “Ini juga sebagai hadiah ulang tahun buat Herkulanus ya”, sambung monsinyur dengan senyumnya yang khas. Monsinyur berharap masing2 umat dapat menunjukkan contoh yang baik & menjaga status tersebut, sehingga nantinya dapat muncul katekis-katekis penerus dari Gereja Herkulanus. “Jadi nanti kalau ada orang dari luar yang mau belajar & mengenal katekese liturgi di Keuskupan Bogor, bisa diarahkan ke sini, ke Herkulanus”, sambung Monsinyur sebelum menutup sambutannya & melanjutkan dengan berkat perutusan.

Seusai misa syukur, acara HUT dilanjutkan dengan ramah tamah di Aula gedung pastoral paroki. Antusiasme umat yang sangat besar membuat aula & selasar gereja langsung ramai dalam sekejap. Bahkan berjalan pun akan terasa sulit karena padatnya umat. Kerumunan umat berpindah ke aula seiring acara dimulai oleh panitia. Beragam acara digelar, mulai dari pengumuman pemenang berbagai lomba HUT yang telah digelar dari jauh hari, santap bersama hidangan yang telah disediakan panitia, serta ada hiburan dari berbagai kelompok, mulai dari orang muda hingga orang tua.

Semua umat guyub dalam satu Gereja.
Karena Gereja Adalah Kita.

Selamat Ulang Tahun Gereja Tercinta 

Bagikan halaman ini...Print this pageEmail this to someoneShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *